8 Cara Membersihkan Wastafel Marmer dengan Benar - Semarang Marmer, Semarang Granit, Jual Marmer dan Granit di Semarang, Lantai Marmer Semarang

Enter your keyword

Friday, 7 July 2017

8 Cara Membersihkan Wastafel Marmer dengan Benar

Cara membersihkan wastafel marmer ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemui. Jika wastafel di rumah menggunakan bahan marmer, mungkin akan sering didapati kotoran atau bekas noda di tepian ataupun di tengah cekungan wastafel. Kotoran itu harus segera dibersihkan agar tidak mengganggu tampilan kamar mandi.

Cara Membersihkan Wastafel Marmer
Berikut ini ada beberapa cara membersihkan marmer yang bisa dilakukan dengan aman sehingga lapisan wastafel marmer tetap terjaga kualitas dan keindahannya.
·         Jeruk nipis dan garam
Noda pada wastafel marmer dapat dibersihkan secara alami dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Kedua bahan ini adalah kombinasi yang tepat untuk membersihkan noda yang menempel pada wastafel berbahan marmer. Selain itu bahan alami seperti ini juga mudah didapatkan dan cenderung lebih aman. Caranya adalah dengan mengiris jeruk nipis menjadi beberapa bagian sesuai selera. Gosokkan buah tersebut di atas permukaan wastafel marmer yang kusam atau bernoda. Jangan lupa untuk menaburkan sedikit garam di atas noda. Tujuan penggunaan garam itu adalah untuk mengkilapkan lagi permukaan marmer setelah terkena noda. Usap bagian permukaan wastafel secara teratur hingga noda hilang. Setelah itu, bilas dan keringkan dengan kain kering yang halus.
·         Cairan H2O2
Cairan pembersih marmer yang merupakan bahan kimia dan cukup populer digunakan adalah cairan H2O2. Cairan ini adalah cairan kimia dan banyak dijual di toko kimia. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cairan ini cukup berbahaya untuk kulit. Sehingga untuk mempergunakannya harus dilakukan dengan sangat hari-hati. Jangan sampai kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia ini. Cara membersihkan wastafel marmer dengan larutan ini adalah dengan meneteskan cairan H2O2 pada area wastafel yang kotor dan bernoda. Tutup area itu dengan kapas atau kain biasa, lalu biarkan larutan bereaksi selama 6 sampai 8 jam. Setelah itu, angkat kapas atau kain yang tadi sudah diaplikasikan. Jika noda sudah hilang, bilas dengan air dan keringkan.
·         Deterjen cair
Deterjen cair juga bisa membantu menghilangkan noda pada wastafel marmer. Caranya adalah dengan membuat larutan deterjen. Komposisinya adalah 1 sendok teh deterjen cair dengan air kira-kira satu gelas. Aduk rata larutan. Gunakan kain lembut untuk mengusap permukaan wastafel marmer. Namun, deterjen cair ini bisa menimbulkan bekas pada permukaan marmer, sehingga untuk mengantisipasinya, segera bilas bagian tersebut dengan air bersih dan keringkan segera.
·         Baking soda
Baking soda yang sering dijadikan bahan pembuat kue merupakan bahan kimia alkali yang dapat membersihkan wastafel marmer. Baking soda aman karena bisa menetralkan pH pada lapisan marmer. Caranya adalah dengan membuat larutan soda kue dengan perbandingan 1 sendok makan baking soda dengan 1 gelas air. Lalu gosokkan secara pelan larutan tersebut pada permukaan wastafel marmer yang kotor dengan menggunakan kain berserat halus. Setelah bersih, bilas dengan air dan keringkan.
·         Natrium bikarbonat
Cara berishkan wastafel marmer selanjutnya adalah dengan larutan natrium bikarbonat. Campurkan bahan natrium bikarbonat dengan sedikit air. Aplikasikan larutan tersebut ke bagian wastafel yang kotor. Tunggu hingga beberapa saat agar larutan bisa bereaksi dengan kotoran wastafel. Lalu, bilas wastafel dengan air dingin yang bersih. Keringkan dengan kain yang kering.
·         Sabun cuci piring
Cara membersihkan noda marmer bisa juga dilakukan dengan bantuan sabun pencuci piring. Caranya adalah dengan menuangkan sabun pencuci piring pada kain microfiber. Basahi kain dengan air. Usap secara lembut kain tersebut pada permukaan wastafel marmer yang kotor dan bernoda. Usap dengan arah yang sesuai dengan serat kristal wastafel. Hindari menggosok dengan keras. Jika noda sudah bersih, bilas wastafel dengan air dan keringkan.
·         Pemutih pakaian
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian. Tuangkan beberapa tetes cairan pemutih pakaian pada bagian wastafel yang dikehendaki. Tutupi permukaan wastafel dengan menggunakan tissue atau kain kering yang sebelumnya juga sudah diberi cairan pemutih pakaian. Rekatkan keduanya dengan bantuan lakban atau selotip di sisi-sisinya. Tunggu hingga beberapa jam. Cek secara berkala untuk mengetahui apakah noda sudah berpindah ke media tissue. Jika sudah, bilas dan keringkan.
·         Amonia
Larutan amonia adalah larutan basa yang dapat membantu membersihkan noda pada wastafel marmer secara aman. Caranya adalah dengan membuat larutan amonia. Perbandingannya adalah 1 sendok makan amonia dengan air kira-kira satu cangkir. Aduk dan usapkan larutan tersebut pada wastafel marmer secara pelan dan teratur. Setelah noda dan kotoran benar-benar hilang, segera keringkan bagian yang basah dengan lap atau handuk yang lembut agar tidak tertinggal bekas pada wastafel marmer.

Demikianlah 8 cara membersihkan noda pada marmer yang aman untuk wastafel. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

SEMARANG MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Semarang dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit dan Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular

Formulir Kontak