Jenis-jenis Desain Marmer untuk Makam Dengan Tampilan Elegan - Semarang Marmer, Semarang Granit, Jual Marmer dan Granit di Semarang, Lantai Marmer Semarang

Enter your keyword

Friday, 7 July 2017

Jenis-jenis Desain Marmer untuk Makam Dengan Tampilan Elegan

Marmer untuk makam sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Hal ini dilakukan karena marmer memang merupakan bahan batuan alami yang bisa dibentuk dan diukir dengan mudah. Selain itu marmer juga bisa dipotong dengan mudah dan tahan terhadap panas matahari. Tidak heran mengapa ada banyak makam yang menggunakan marmer sebagai batu nisannya.
Berbagai Jenis Marmer untuk Makam yang Elegan
Seiring perkembangannya, banyak desain marmer untuk makam yang ditawarkan dan dijual di pasaran, mulai dari makam bayi hingga makam dewasa. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Makam bayi kristiani
Makam bayi kristiani banyak yang menggunakan bahan marmer sebagai bahan utamanya. Makam jenis ini dikenal juga dengan istilah makam marmer malaikat kecil. Bagian depan makam bisa diukir dengan nama bayi yang telah meninggal. Bagian belakang nisan biasanya ditulis ayat-ayat suci mengenai kehidupan dan kematian agama kristiani.
Harga makam bayi kristiani dari marmer ini terbilang mahal, karena ornamennya seringkali rumit. ada juga beberapa ornamen lain yang menjadikan batu nisan ini mahal. Harga yang ditawarkan bahkan bisa mencapai tiga juta rupiah.
  1. Prasasti nisan marmer kristiani
Penggunaan batu marmer untuk makam ada juga yang berbentuk seperti prasasti nisan. Prasasti nisan ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang disesuaikan dengan selera. Batu marmer yang biasa digunakan berwarna hitam atau putih. Ada ukiran nama yang ingin diabadikan sebagai prasasti dengan marmer yang berkualitas.
  1. Nisan marmer kotak
Nisan dengan bentuk kotak dan dipasang secara horizontal adalah jenis makam marmer yang cukup sering dijumpai. Biasanya warna marmer yang digunakan adalah putih atau krem, dengan ukiran nama seperti prasasti nisan. Dengan model minimalis, bentuk nisan ini tidak membutuhkan banyak ornamen yang berlebihan. Biasanya makan yang menggunakan jenis nisan kotak ini adalah makam kalangan menengah karena harganya termasuk terjangkau.
  1. Kijingan marmer kristiani
Model batu marmer untuk makam ini bentuknya tidak begitu rumit. Bentuknya mirip dengan nisan marmer kotak, hanya saja ada kemiringan pada bagian nisan atas. Untuk agama kristen biasanya bisa juga ditambah dengan bentukan salib yang horizontal. Warna marmer yang biasa digunakan untuk bentuk ini adalah hitam dengan ukiran berwarna emas.
  1. Makam marmer pahlawan Bandung
Bandung adalah kota bersejarah yang cukup berpengaruh dalam usaha memerdekakan Indonesia. Oleh karena itu, Bandung memiliki sebuah model makam pahlawan yang khas. Model ini adalah model kijingan minimalis dengan bentuk ujung yang berbeda. Ujung atas adalah nisan dengan model diagonal yang bisa diukir dengan nama. Bagian bawah adalah marmer balok yang dipasang secara vertikal. Sedangkan bagian tengah ada peninggian lagi. Warna marmer yang digunakan biasanya putih.
  1. Makam marmer pahlawan nasional
Model makam marmer ini mirip dengan model makam marmer pahlawan Bandung. Hanya saja bentuknya lebih sederhana. Ujung atas adalah kijingan nisan yang berbentuk diagonal. Sedangkan ujung bawahnya tidak ada ketinggian lagi. Makam ini relatif datar dan minimalis. Warna yang digunakan biasanya adalah putih.
  1. Nisan marmer biasa
Ada juga jenis nisan marmer biasa. Nisan ini bentuknya seperti nisan kebanyakan, yang memiliki lengkungan-lengkungan di bagian atasnya. Biasanya jenis nisan ini dibuat dengan menggabungkan bahan lain seperti teraso dan granit. Teraso digunakan untuk badan utama nisan, sedangkan marmer atau granit dipasang pada badan teraso untuk ukiran nama. Ukurannya terbilang kecil, yaitu hanya sekitar 55 cm x 23 cm. Oleh karena itu harganya juga relatif lebih murah.
  1. Makam marmer modern
Makam marmer modern ini bentuknya cukup mewah. Oleh sebab itu, harganya pun sangat mahal. Makam marmer modern ini memiliki ketinggian makam yang mencapai 80 cm dari permukaan tanah. Biasanya digunakan marmer warna hitam dengan ukiran berwarna emas. Bentuk utamanya mirip dengan marmer pahlawan nasional, hanya saja makam modern ini lebih tinggi. Bagian samping makam dihiasi dengan ukiran tulisan kaligrafi. Sedangkan bagian atasnya adalah nisan yang bisa diukir nama almarhum atau almarhumah.
  1. Makam dompalan
Ada juga model makam marmer yang berbentuk seperti batu alam biasa (bentuk dompalan) yang diberi ukiran nama. Biasanya nisan ini menggunakan batuan asli yang ukurannya besar agar lebih nampak alami. Ada yang diberi lapisan marmer, ada juga yang hanya dihaluskan biasa. Marmer yang digunakan adalah yang berwarna abu-abu agar sesuai dengan warna batuan asli yang kebanyakan abu-abu tua. Sedangkan ukiran nisan menggunakan warna emas.
  1. Makam marmer Mataram
Makam marmer Mataram ini bentuknya sangat sederhana, yaitu dengan bentukan balok yang berlubang di bagian tengahnya. Sedangkan di bagian atas dan bawah makam ada sebuah bentukan mirip tunas tanaman.

Itulah jenis-jenis desain marmer untuk makam yang bisa digunakan untuk menambah keeleganan makam.

No comments:

Post a Comment

About Us

SEMARANG MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Semarang dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit dan Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular

Formulir Kontak