Tips Aman Menggunakan Marmer untuk Tangga Di Rumah - Semarang Marmer, Semarang Granit, Jual Marmer dan Granit di Semarang, Lantai Marmer Semarang

Enter your keyword

Friday, 7 July 2017

Tips Aman Menggunakan Marmer untuk Tangga Di Rumah

Tips aman menggunakan marmer untuk tangga agar kita dapat membuat rumah terlihat indah tapi tetap memiliki keselamatan yang baik. Tangga menjadi penghubung antara dua lantai. Membuat tangga sekedarnya atau sesuai dengan fungsinya saja membuat tampilan rumah terlihat biasa. Untuk itu, Anda bisa membuat tangga ini dengan desain lebih menarik, seperti tangga bahan marmer.

Bagaimana Cara Menggunakan Marmer untuk Tangga
Tangga menjadi penghubung antara dua lantai sehingga memberikan jalan bagi orang untuk menuju ke lantai berikutnya. Perkembangan zaman membuat pembuatan tangga semakin variatif, baik dari bahannya, bentuk atau desain yang digunakan. Hal ini menambah tampilan rumah yang semakin menarik. Meskipun demikian kita harus memperhatikan keamanan dari penggunaan tangga agar tidak menimbulkan kecelakaan. Berikut ini adalah tips untuk membangun tangga berbahan marmer dengan aman:
1.      Meminimalkan tingkat kelicinan
Permukaan tangga yang licin menjadi penyebab besar mengapa sering terjadi kecelakaan ketika menggunakannya. Salah satu penyebab mengapa tangga itu licin adalah pemilihan bahan yang salah. Untuk itu, sebelum membuat tangga pastikan jika bahan yang dipilih bukanlah material licin, seperti keramik. Anda dapat memilih batu marmer untuk tangga sebagai bahan terbaik agar tidak licin dan bahkan bisa kesat. Jika Anda tangga sudah terlanjur dibuat dengan bahan licin, maka tambahkan alas karet atau matras untuk membantu mengatasi masalah ini. Sekarang ini, matras untuk tangga bisa dijumpai dengan ukuran dan motif yang bervariatif sehingga tidak hanya bermanfaat untuk keamanan tapi juga menambah keindahan interior rumah.
2.      Memasang pegangan
Pegangan menjadi bagian tangga yang penting untuk dibuat dalam memberikan keamanan yang mendasar. Selain itu, adanya pegangan di samping tangga membuat orang lebih mudah dalam menaiki atau menuruni tangga. Perhatikan dalam pemilihan bahan untuk pegangan tangga ini. Inilah keuntungan marmer untuk tangga sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pegangan juga. Pastikan jika bahan yang digunakan adalah bahan yang kuat dan tidak licin. Pada umumnya, pegangan dipasang dengan ketinggian kira-kira 80 sampai 90 cm agar anak-anak tidak mudah memanjatnya. Seperti yang kita tahu jika anak-anak sering melakukan hal-hal baru yang terkadang membuat bahaya untuk mereka. Jika pegangan di pasang dengan lebih rendah, bisa-bisa anak-anak akan menaikinya dan menggunakannya sebagai perosotan. Selain itu, pastikan jika ujung pegangannya tidak tajam sehingga Anda bisa membuatnya dengan lebih tumpul dan halus.
3.      Jangan membuat ilusi optik di tangga
Ilusi optik terkadang membuat kita bingung dan pusing ketika melihatnya. Mungkin ilusi ini cukup menarik untuk ditambahkan dalam desain interior di rumah. Hanya saja, akan berbahaya jika kita menerapkan ilusi optik ini di tangga karena pandangan kita akan terganggu dan bisa-bisa kita salah memijak hingga akhirnya terjatuh dari tangga. Biasanya, ilusi optik pada tangga ini disebabkan karena pemilihan motif desain marmer untuk tangga yang salah. Pastikan jika motif yang dipilih adalah motif polos atau ornamen yang tidak menimbulkan ilusi optik.
4.      Menambah penerangan
Lampu rumah terkadang tidak cukup untuk mencapai semua lingkup ruangan, begitu juga dengan tangga. Tangga yang berada di tempat gelap membuat kita susah untuk melihatnya, terlebih bagi lansia yang kemampuan penglihatannya sudah berkurang. Apabila pada siang hari mungkin tidak akan menyebabkan masalah karena adanya penerangan dari matahari sehingga kita bisa melihat tangga dengan jelas. Namun, jika malam hari tiba maka pencahayaan itu akan berkurang. Oleh karena itu, tambahkan penerangan di sekitar tangga untuk memudahkan kita menggunakan tangga dengan aman. Anda bisa memasang lampu neon pada tangga dan mematikannya pada siang hari sehingga bisa lebih menghemat biaya listrik. Hal ini akan sangat membantu dalam mengakses tangga dengan aman. Untuk lebih amannya, Anda juga bisa menggunakan lampu LED pada pegangan tangganya juga.
5.      Hindari banyak barang di tangga
Adanya ruang kosong di tangga membuat pemilik rumah sering menggunakannya sebagai tempat untuk meletakkan barang. Namun, jangan terlalu banyak dalam meletakkan barang di tangga karena bisa dibuat mainan oleh anak-anak sehingga barang tersebut akan berserakan di tangga yang akan mengganggu langkah kaki ketika hendak mengakses tangga. Terlebih jika bahan itu berkaitan dengan minat anak, seperti mainan anak, sepatu, tas dan barang lainnya. Untuk itu, pastikan bahwa di tangga rumah tidak ada barang yang berlebih. Akan lebih baik jika Anda membiarkan tangga dalam keadaan kosong atau bersih. Singkirkan barang yang sekiranya mengganggu langkah ketika menggunakan tangga.

Kecelakaan ini dapat berupa terjatuh, terbentur, terpeleset dan lain sebagainya. Terlebih jika di dalam rumah terdapat anak kecil dan lansia maka tingkat keamanannya harus ditambah. Jangan biarkan anggota keluarga Anda menjadi terluka karena kelalaian dalam pembuatan tangga yang aman. Semoga tips aman menggunakan marmer untuk tangga dapat membantu keamanan keluarga.

No comments:

Post a Comment

About Us

SEMARANG MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Semarang dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit dan Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular

Formulir Kontak